PRAKATA

Kus Sudarsono - Ketua Program Studi Film & Televisi UMNSatu tahun kita menjalani kehidupan yang berubah karena pandemi Covid-19. Para pembuat film termasuk yang sangat terdampak, dari dilarang melakukan shooting sama sekali, sampai perlonggaran peraturan. Pandemi Covid-19 juga membuat dana untuk membuat sebuah film naik, hal ini terjadi untuk mengakomodasi tata cara protokoler selama masa pandemi.

Namun, semangat untuk membuat film selalu tinggi dan menghasilkan inovasi-inovasinya sendiri. Seorang filmmaker memang dituntut untuk selalu menjadi problem-solver, dia harus mampu memetakan masalah, melakukan analisis dan kemudian menemukan solusinya. Hal ini berlaku untuk semua divisi dalam pembuatan film, tidak hanya produser saja. Apapun kontribusi anda dalam sebuah pembuatan film, maka anda wajib menjadi seorang problem-solver, jangan justru menjadi sumber problem tersebut.

UCIFEST 12 kembali diadakan secara daring, tahun lalu kami persiapkan UCIFEST 11 untuk dilaksanakan secara luring, namun harus banting setir untuk diadakan secara daring. UCIFEST termasuk film festival pertama yang mengubah konsep dengan mengadakan festival film secara daring di Indonesia.

Daring maupun luring hanyalah sebuah sarana, semangat berkompetisi tetap harus dinyalakan untuk dapat menghasilkan pemuda-pemudi yang berjiwa kompetitif dan mencintai film.

Saya mengucapkan terima kasih kepada para Pimpinan Kompas-Gramedia Grup, Wakil Rektor 1 UMN, Wakil Rektor 2 UMN dan Dekan FSD UMN atas dukungannya selama kompetisi UCIFEST ini berlangsung. Terima kasih juga kepada para mahasiswa kelas Film Festival Theory and Practice, Mbak Lulu sebagai pengampu, para volunteer, serta para peserta kompetisi.

Selamat berkompetisi, selamat menikmati, dan selamat terus berkarya!

PROFIL JURI

Lahir di Yogyakarta, pada tahun 1975. Lulus dari Fakultas Film dan Televisi Institut Kesenian Jakarta. Beliau pernah meraih sebagai Sutradara terbaik Festival Film Indonesia pada tahun 2005 dan 2007. Hanung sukses menyutradarai komedi romantis, horor, drama dan belakangan ini fokus pada film yang bertema Islam. Seperti Ayat-Ayat Cinta (2008) berhasil memperoleh 1,5 juta penonton dalam 9 hari pertama.



Ertanto belajar film di Institut Kesenian Jakarta th 2006 , lalu mengikuti scholarship ASEAN – ROK 2009. Salah satu film pendeknya berhasil mendapatkan piala citra 2008. Memulai debut film panjang pertamanya saat semester 3 perkuliahan, film pertamanya berjudul 7 Hati 7 Cinta 7 Wanita. Filmnya berjudul “Ave Maryam” saat ini tayang di Netflix, film ini juga membawanya masuk dalam nominasi Best Director AIFFA (Asean International Film Festival Awards) 2019 dan satu film baru nya berjudul “Jakarta,City Of Dreamers” telah world premiere di Black Night Film Festival 2020.



Memulai karirnya sejak 2004 sebagai CG Artist di dunia periklanan hingga akhirnya memutuskan untuk memulai studionya sendiri di tahun 2008. Gaga Nugraha telah terlibat di pembuatan ratusan iklan televisi dalam negeri maupun luar negeri, serta telah dipercaya menjadi VFX Supervisor di beberapa film Indonesia.Salah satu dari beberapa penghargaan yang pernah beliau raih adalah Piala Citra untuk Penata Efek Visual Terbaik dalam film Ratu Ilmu Hitam. Hingga saat ini terus berkomitmen membangun industri animasi dan visual efek Indonesia agar mampu bersaing di dunia internasional.



Ia bekerja dibidang bisnis dan manajemen hingga tahun 2011, lalu pindah ke Yogyakarta untuk menekuni ketertarikannya pada bidang seni dan kreatif. Ia memproduseri beberapa film pendek dan animasi dokumenter ‘kOsOng’ (2020) adalah proyek penyutradaraan pertamanya. Diluar produksi film, sejak awal 2017 ia aktif menjadi sukarelawan pada komunitas Animasi Club, dan aktif menyelenggarakan berbagai kegiatan eksibisi dan apresiasi film animasi di Yogyakarta. Ia juga ikut menginisiasi sebuah festival film animasi bernama CRAFT International Animation Festival dan hingga kini menjabat sebagai direktur festival.



Anita adalah seorang sineas Indonesia yang merupakan lulusan Produksi Film dan Televisi di Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Debut Film dokumenter pendeknya yang berjudul Dulhaji Dolena debutnya, dinominasikan di Festival Film Indonesia dan juga dalam kompetisi di Festival Film Internasional VGIK. Sejak 2017, Anita sudah terlibat di Festival Film Dokumenter hingga sekarang.

Rangkaian Acara

Berikut adalah jadwal seluruh rangkaian acara
UCIFEST 12 - UMN Animation & Film Festival

How to Watch

Selamat datang di UCIFEST 12 Online Film Festival!

Untuk memudahkan Anda menikmati UCIFEST 12, pengumuman ini hadir untuk memberikan informasi secara singkat mengenai teknis registrasi acara di UCIFEST tahun ini atau Anda bisa klik ‘Registrasi Penonton’ pada laman Beranda website.

TENTANG

UCIFEST - UMN Animation & Film Festival adalah sebuah festival film pendek yang diselenggarakan oleh Universitas Multimedia Nusantara. UCIFEST pertama kali diselenggarakan pada tahun 2010 dan tahun ini memasuki penyelenggaraan yang ke-12.


UCIFEST 12 berperan sebagai wadah bagi para pembuat, penggiat, dan pecinta film pendek, khususnya pada kalangan mahasiswa dari pelajar SMA/SMK se-Indonesia, untuk membangun budaya menonton film pendek. UCIFEST 12 memfasilitasi terbangunnya kemampuan dan memperluas pengetahuan di bidang film melalui berbagai program seperti diskusi, pitching forum, hingga pemaparan materi dari filmmakers profesional. Selain itu, UCIFEST 12 juga mengapresiasi karya-karya film pendek agar menjadi penyemangat bagi generasi muda untuk selalu kreatif dalam berkarya. Diharapkan UCIFEST 12 dapat turut andil dalam mensukseskan industri perfilman Indonesia.

VISI & MISI

Visi UCIFEST 12 adalah membuka kesempatan untuk belajar melalui film pendek Indonesia, sementara misinya adalah:

  • Memfasilitasi pemutaran alternatif bagi film-film karya mahasiswa dan pelajar.
  • Menambah wawasan di bidang film bagi mahasiswa dan pelajar.
  • Membuka ruang apresiasi terhadap karya-karya mahasiswa dan pelajar.

Address

Universitas Multimedia Nusantara
Jalan Scientia Boulevard, Gading Serpong
Tangerang 15811


Social Media







Festival Partner

Logo Festival Partner

Media Partner

Logo Festival Partner

Sponsor

Logo Festival Partner